Mesin Diesel



Pengertian 
Motor diesel merupakan motor yang berbeda dengan motor bensin, karena proses penyalaan motor diesel bukan dengan loncatan api listrik.


Perbedaan lainnya adalah pada motor diesel saat langkah pemasukan/hisap yang hanyalah udara segar saja yang masuk kedalam silinder.

Sedangkan penyalaannya bahan bakar dengan cara menyemprotkan bahan bakar kedalam silider yang udaranya panas karena dikompresi/tekan pada tekanan yang tinggi

Bagian Bagian

  Secara garis besar bagian mesin diesel ada 9, yaitu sebagai berikut :
1.silinder mesin diesel
yaitu tempat bahan bakar dibakar dan daya ditimbulkan
2.kepala silinder mesin diesel
 Menutup satu ujung silinder dan sering berisikan katup tempat udara dan bahan bakar diisikan dan gas buang dikeluarkan. 
3.katup pemasukan dan katup buang mesin diesel.
Ujung lain dari ruang kerja silinder ditutup oleh torak yang meneruskan kepada poros daya yang ditimbulkanoleh pembakaran bahan bakar.
4.torak batang engkol mesin diesel
Batang engkol mengubah dan meneruskan gerak ulak-alik (reciprocating) dari torak menjadi putaran kontinu pena engkol selama langkah kerja dan sebaliknya selama langkah yang lain.
5.poros engkol mesin diesel
Poros engkol berputar dibawah aksi torak melalui batang engkol dan pena engkol yang terletak diantara pipi engkol( crankweb ), dan meneruskan daya dari torak kepada poros yang digerakkan.
6.Roda gila mesin diesel
Roda gila membantu menstart mesin dan juga bertugas membuat putaran poros engkol kira-kira seragam.
7.Poros nok mesin diesel
Yang digerakkan oleh poros engkol oleh penggerak rantai atau oleh roda gigi pengatur waktu mengoperasikan katup pemasukan dan katup buang melalui nok, pengikut nok, batang dorong dan lengan ayun
8.Karter mesin diesel
Berfungsi menyatukan silinder, torak dan poros engkol,melindungi semua bagian yang bergerak dan bantalanya dan merupakan reservoir bagi minyak pelumas
9Sistem bahan bakar  mesin diesel 

Prinsip Kerja
Pada dasarnya prinsip kerja mesin diesel adalah merubah energi kimia menjadi energi mekanis.  Yang di dapatkan melalui proses pembakaran dari bahan bakar (solar) dan oksidiser (udara) di dalam silinder (ruang bakar).

  Secara singkat Proses kerja motor diesel adalah sebagai berikut:
1. asukan /Hisap
  piston bergerak dari TMA ke TMB dengan katup masuk terbuka.
  karena piston bergerak kebawah, maka terjadi kekosongan di silinder sehingga udara bersih masuk melalui katup masuk.
 2. Pemampatan/kompresi
  Piston akan bergerak dari TMB ke TMA  kedua katup menutup karena piston bergerak keatas maka  udara bersih di dalam silinder akan terdorong dan dipampatkan di ruang bakar, akibatnya  tekanan dan temperature udara menjadi tinggi
3. Pembakaran/usaha
Pada langkah ini terjadi dua proses pembakaran.
a.  Pembakaran awal : Sebelum piston mencapai TMA, injector akan mengabutkan bahan bakar dan akan bercampur dengan udara yang bertekanan dan bertemperatur tinggi    
 (7000-9000 C,70-90 kg/cm2)
 
b.  Pembakaran Sempurna 
  Karena tekanan dan temperatur yang tinggi maka bahan bakar akan terbakar dengan sendirinya. Hal ini akan menimbulkan daya dorong sehingga piston akan bergerak dari TMA ke TMB¢
4. Pembuangan
  Piston bergerak dari TMB  ke TMA  katup buang membuka karena piston bergerak ke atas maka gas sisa hasil pembakaran akan terdorong ke luar melalui katup buang    




Macam Macam 
Kelebihan DI
- efficiency bahan bakar lebih tinggi.
- mudah dihidupkan pada temperatur
  rendah.
kekurangan DI
-diterapkan pada rpm/putaran 
  rendah.
- suaranya lebih berisik.
- emissi gas buangnya lebih tinggi.
kelebihan IDI 
-dapat diterapkan pada putaran
  yang lebih bervariasi
- emissi gas buang lebih sedikit
- lebih tidak berisik
Kekurangan of IDI 
-memerlukan pemanasan awal saat di
 hidupkan pada kondisi dingin
-membutuhkan rasio kompresi yg
 lebih tinggi
-efficiency bahan bakarnya lebih
  rendah 

Dan file ppt nya dapat diunduh di sini:
https://drive.google.com/open?id=0B0H2TcwqBcZjTnc0Mk9TdmEzY0E

Daftar Pustaka

¢
¢
¢
¢http://youtube.com/watch?v=gzgV3tw_ppc

Mesin Diesel Mesin Diesel Reviewed by Sleepy Tact on 05.37 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.